Home » Uncategorized » Windows 8, langkah Microsoft menggeser Apple…?

Windows 8, langkah Microsoft menggeser Apple…?

Dikutip dariKapanLagi.com

Di penghujung bulan Juni lalu tiba-tiba saja muncul kabar mengejutkan: Microsoft sudah berancang-ancang untuk melepas Windows 8. Munculnya kabar ini berawal dari bocornya sejumlah dokumen di internet dan segera saja menjalar ke berbagai situs yang penasaran mengintip senjata baru Microsoft ini. Secara umum, memang ada beberapa perkembangan dari Windows 7 yang sekarang beredar namun yang lebih mengejutkan adalah langkah Microsoft yang seolah-olah mengekor Apple yang notabene adalah pesaing ketat mereka.

Meski dokumen yang bocor ini menyebutkan kalau sampai saat ini Microsoft sama sekali belum menyusun program untuk sistem operasi baru mereka ini namun terlihat bahwa langkah yang akan mereka ambil sudah jelas. Ada beberapa fitur yang sepertinya akan jadi unggulan Windows 8 ini, seperti facial recognition login, Windows Store, dan Push Button Reset. Berikut adalah sedikit uraian tentang fitur yang bakal ditawarkan Microsoft lewat sistem operasi baru mereka ini.

Prototype Mesin Untuk Windows 8
Kalau sebelumnya Microsoft lebih fokus pada sistem operasi namun sepertinya kini pendekatan yang dilakukan raksasa software ini bakal mengikuti langkah yang ditempuh Apple bertahun-tahun yang lalu: memproduksi hardware yang dipaket dengan sistem operasi Windows 8. Desain yang beredar memang tak terlalu menarik namun ini bisa saja hanya sekedar rancangan awal karena diduga Microsoft akan menggandeng Dell untuk menangani urusan hardware ini.
Windows Account
User account pada windows sebelumnya akan tetap dipertahankan hanya saja cara login yang semula menggunakan password kini akan ditingkatkan lagi dengan kemampuan face recognition. Memang bukan fitur baru karena sudah banyak produser notebook yang menggunakan fitur ini namun yang lebih menarik adalah kemungkinan ‘memboyong’ account ini ke internet (cloud computing). Artinya, tak peduli Anda menggunakan PC di rumah atau PC di kantor, Anda tetap bisa menggunakan setting yang telah Anda pilih. Kini windows tak lagi berfokus pada mesin namun lebih pada pengguna.

Hemat Energi/ Start up Lebih Cepat
Ada banyak cara untuk keluar dari sistem Windows. Anda bisa log off, shut down, atau hybernate. Kini, Microsoft akan meningkatkan kemampuan ini dengan cara menggabungkan fitur hybernate dan log off. Hasilnya, Pengalaman start up yang benar-benar berbeda karena durasinya yang semakin pendek.

Internet Explorer 9
Fitur ini mungkin adalah fitur yang akan dilepas pertama kali. Kalau sesuai jadwal maka browser ini akan dilepas mulai bulan Agustus nanti. Sepertinya langkah ini diambil Microsoft untuk menandingi semakin pesatnya perkembangan internet browser seperti Firefox, Opera, dan Chrome belakangan ini.

Windows Store
Microsoft memang sudah punya toko online yang saat ini bernama Windows Marketplace namun nantinya toko online ini akan berevolusi menjadi Windows Store yang dapat diakses langsung dari tombol Start. Tujuannya, Microsoft bermaksud memberikan rasa nyaman dan aman pada pengguna karena mereka tahu persis bahwa aplikasi yang mereka beli akan kompatibel dengan sistem operasi mereka.

Push Button Reset

Anda tentu sering mengalami masalah penurunan performa peranti komputasi Anda setelah jangka waktu tertentu. Beberapa orang mengatasi masalah ini dengan cara virtualisasi dengan menggunakan aplikasi seperti DeepFreeze atau membuat backup image dari seluruh system dengan menggunakan aplikasi semacam Acronis. Nantinya, Anda tak perlu lagi direpotkan dengan urusan itu karena Microsoft sudah menyediakan fitur untuk restore system Anda ke kondisi semula. Menariknya, Anda tak harus kehilangan data pribadi atau setting favorit Anda karena Windows 8 akan melakukan backup terlebih dulu sebelum melakukan proses restoring.

Secara umum memang langkah ini sepertinya berada di jalur yang ditempuh Apple selama ini: memberikan kemudahan sekaligus pengalaman yang berbeda pada pengguna. Bahkan dalam dokumen yang bocor ini Microsoft terang-terangan memuji langkah Apple dengan mengatakan “Apple brand is known for high quality, uncomplicated, ‘It just works’,” yang kurang lebih berarti, “Merk Apple selama ini dikenal sebagai produk dengan kualitas tinggi, tidak rumit, dengan semboyan ‘It just works’.” Jadi, sepertinya dugaan bahwa Microsoft bakal mengekor Apple ini bukanlah sekedar dugaan saja.

Terlepas dari itu, tentu saja fitur-fitur di atas masih bisa berubah lagi karena saat ini Microsoft masih dalam tahap perencanaan dan baru memasang ancang-ancang untuk melepas Windows 8 ini tahun pertengahan tahun 2012 nanti. Semoga saja Windows 8 ini tak jadi produk gagal seperti dalam kasus Windows Vista dulu.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

follow on my twitter

Blog Stats

  • 42,490 hits
%d bloggers like this: