Home » Uncategorized » Pembangunan Bendungan Laut Jakarta Libatkan Swasta

Pembangunan Bendungan Laut Jakarta Libatkan Swasta

Jakarta (ANTARA) – Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bakal melibatkan sektor swasta dalam pembangunan bendungan laut raksasa (giant sea wall) sistem folder terpadu di sepanjang pesisir pantau utara Jakarta.

“Pemerintah menyadari investasi (pembangunan bendungan laut raksasa) sangat besar, meski kita belum sampai masalah perhitungan biaya,”kata Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo usai Pertemuan Tingkat Tinggi dengan delegasi Walikota Rotterdam, diJakarta, Selasa.

Karena itu katanya Pemprov akan menyusun konsep pembangunan berdasarkan kerjasama pemerintah dan swasta.

Fauzi Bowo yang lebih akrab dipanggil Foke mengatakan dengan pelibatan pihak swasta dalam pembangunan bendungan laut, maka akan mengubah pola pikir dan pola tindak dari pemerintah dan pemangku kepentingan.

“Pemerintah tidak bisa menyatakan sebagai satu-satunya pengambil kebijakan karena sektor swasta juga harus mendapatkan keuntungan. Solusinya harus sling menguntungkan,” katanya.

Ketika ditanya perkiraan investasi untuk pembangunan bendungan laut raksasa di pantai utara Jakarta, gubernur mengatakan pihaknya belum bisa memprediksi jumlah biayanya.

“Sebagai perbandingan. Tim ahli dari Belanda mengatakan dibutuhkan 300.000 Euro untuk membangun tanggul di teluk Ancol,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Foke menjelaskan jadwal pelaksanaan proyek bendungan laut yang dikerjakan pemangku kepentingan dari pemerintah pusat seperti Kementerian Pekerjaan Umum, Bappenas dan Pemprov DKI dengan dibantu Tim Ahli dari Rotterdam, Belanda.

Tim proyek tersebut bakal menyelesaikan kajian pada Mei 2011, dan dilanjutkan dengan pembuatan rencana induk (master plan) proyek yang diharapkan selesai dalam waktu dua tahun sampai 2013, dan dilanjutkan dengan pembangunan bendungan selama 10 – 15 tahun.

Foke mengharapkan bendungan laut raksasa bisa selesai dibangun pada 2025 untuk mengantisipasi gelombang besar yang diprediksi melanda pantai utara Jakarta pada tahun tersebut.

Pada kesempatan yang sama, Konsultan Senior pada Kantor Iklim Pemerintah Kota Rotterdam, John Jacobs mengatakan dibutuhkan dana miliaran dolar Amerika untuk membangun bendungan laut raksasa Jakarta.

“Dibutuhkan miliaran dolar Amerika untuk membangun bendungan itu. Dan hal itu bisa dilakukan dengan bekerjasama dengan pihak swasta,” kata Jacobs.

Ketika ditanya apakah Pemerintah Kota Rotterdam tertarik untuk menjadi salah satu investor pembangunan bendungan tersebut, Jacob mengatakan pihaknya tidak akan menjadi investor karena keterbatasan dana milik mereka.

Sedangkan Wali Kota Rotterdam Ahmed Aboutaleb mengatakan ada tugas besar yang membutuhkan pendekatan komprehensif dari pemerintah pusat dan pemprov DKI untuk membangun bendungan laut raksasa tersebut.

“Ini merupakan hal sulit karena masyarakat berjuang untuk bertahan hidup setiap harinya dan tidak berpikir untuk masa sepuluh tahun mendatang. Oleh karena merupakan tugas anda untuk menjelaskan kepada masyarakat pentingnya membangun bendungan tersebut,” katanya.

“Dan saya bangga menyatakan bahwa kami telah menandatangani kerjasama dengan Pemprov DKI kemarin, untuk menyediakan tim asistensi, pengetahuan dan bekerja bersama untuk membangun bersama,” tambahnya.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

follow on my twitter

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

Blog Stats

  • 42,519 hits
%d bloggers like this: